Kades Diingatkan Berhati-Hati Kelola Dana Desa

adminwki 4:58 pm Daerah

BATANG, Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengingatkan para kepala desa untuk berhati-hati dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan dana bantuan desa yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Tulyono di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa pemkab telah menggelontorkan dana sekitar Rp26,9 miliar dari APBD 2017 untuk belanja bantuan keuangan kepada pemerintah desa.

“Oleh karena, kami berpesan kepada para kades untuk memanfaatkan bantuan keuangan itu sesuai dengan perencanaan dan melaporkan pertanggungjawaban atas penggunaan dana itu,” katanya.

Menurut dia, masing-masing desa akan menerima dana bantuan desa tersebut secara bervariasi yaitu sekitar Rp10 juta hingga Rp300 juta.

“Penggunaan dana tersebut hanya untuk kegiatan fisik seperti rehabilitasi balai desa, jalan, perbaikan jembatan, dan saluran air,” katanya.

Ia mengatakan pemkab telah menyosialisasikan tata cara penggunaan dana bantuan keuangan desa tersebut kepada para kades agar tertib dan mengelola dana itu secara benar.

“Kegiatan sosialisasi ini juga sekaligus sebagai ikhtiar kami untuk mencegah para kades melakukan penyimpangan penggunaan dana bantuan itu,” katanya.

Related Post